Monday, November 9, 2015

Pelaksanaan Etika Lingkungan dalam Berbagai Aktivitas


Hidup ramah lingkungan adalah gay ahidup yang mencoba untuk mengurangi penggunaan sumber daya alam dan harta pribadi yang dilakukan oleh pribadi maupun masyarakat. Sikap ramah terhadap lingkungan hidup harus bias menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan oleh setiap manusia dalam menjalankan kehidupan baik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Etika lingkungan hendaknya diwujudkan dalam tingkah laku kita sehari-hari, untuk itu diperlukan adanya kesadaran lingkungan, dan kepedulian untuk menjaga kelestarian lingkungan. 
Beberapa contoh tindakan yang sesuai dengan etika lingkungan adalah sebagai berikut :
1.    Membuang sampah (misal bungkus permen) pada tempatnya. Jika belum menemukan tempat sampah, bungkus permen itu hendaknya dimasukkan ke saku terlebih dahulu sebelum dibuang pada tempatnya.
2.    Menggunakan air seecukupnya, jika tidak digunakan matikan kran. Dari kran yang menetes selama semalam, dapat ditampung air sebanyak 5 – 10 liter, cukup untuk minum bagi 2 orang dalam sehari. Ingat sesungguhnya air itu tidak hanya untuk manusia, tetapi juga untuk makhluk yang lain.
3.    Hemat energi. Matikan lampu listrik jka tidak digunakan. Jika anda memasak air, kecilkan api kompor tersebut segera setelah air mendidih. Menggunakan api yang besar ketika air mendidih hanya akan memboroskan bahan bakar.
4.    Tidak membunuh hewan yang ada di lingkungan, menangkap, atau memeliharanya. Jika kita membunuh hewan maka akan mengurangi jumlah populasinya dan apabila dilakukan terus menerus hewan tersebut akan punah.
5.    Tidak memetik daun, bunga, ranting, atau menebang pohon, tanpa tujuan yang jelas dan bermanfaat. Jika kita menebang pohon secara liar maka hutan akan gundul sehingga berakibat tanah longsor, banjir dan kekeringan saat musim kemarau.
6.     Gemar menanam bunga, merawat tanaman, dan melakukan penghijauan.
7.     Mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

8.     Mengembalikan hewan atau tumbuhan ke habitat aslinya.


Sumber : Pendidikan Lingkungan Hidup - Kelas X Smt. II

No comments:

Post a Comment